Kompetensi Dasar :
Menganalisis konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional dalam konteks pertumbuhan dan pembangunan ekonomi (KD disesuaikan dengan kondisi covid-19)
MATERI |
INDIKATOR |
LK |
BENTUK SOAL |
NOMOR SOAL |
Pendapatan
nasional |
Disajikan
sebuah data keuangan suatu negara. Peserta didik dapat menghitung besarnya
Disposable Income negara tersebut. |
LK
2 (Aplikasi) |
PG/ Sedang |
1 |
Pendapatan
nasional |
Disajikan
sebuah data pendapatan nasional negara “X”. Peserta didik dapat menghitung
besarnya pendapatan nasional dengan menggunakan metode pendekatan
pendapatan. |
LK
2 (Aplikasi) |
PG/ Sedang |
2 |
Pendapatan
nasional |
Disajikan
sebuah data informasi
akun pendapatan nasional untuk negara "A". Peserta didik dapat
menghitung besarnya Produk Domestik Bruto (PDB) negara tersebut. |
LK
2 (Aplikasi) |
PG/ Sedang |
3 |
Pendapatan
nasional |
Peserta
didik dapat menjelaskan rumus yang dipakai dalam menghitung pendapatan
dengan metode tertentu. |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
4 |
Pendapatan
nasional |
Peserta
didik dapat menentukan tiga metode dalam menghitung pendapatan nasional |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
5 |
Pendapatan
nasional |
Peserta
didik dapat mengetahui konsep GNP |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
6 |
Pendapatan
nasional |
Peserta
didik dapat mengetahui konsep dari pendapatan yang secara formal diterima
oleh masayarakat |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
7 |
Pendapatan
per kapita |
Peserta
didik dapat menjelaskan konsep pendapatan per kapita |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
8 |
Pendapatan
Per kapita |
Disajikan
sebuah tabel yang menunjukan data pendapatan dan jumlah penduduk dibeberapa
negara. Peserta didik dapat mengurutkan negera-negara yang pendapatan per kapitanya
dari yang tinggi ke yang terendah. |
LK
2 (Aplikasi) |
PG/ Sedang |
9 |
Teori
pertumbuhan ekonomi |
Peserta
didik dapat mengetahui teori pertumbuhan ekonomi menurut Werner Sombart. |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
10 |
Teori
pertumbuhan ekonomi |
Peserta
didik dapat menjelaskan salah satu teori pertumbuhan ekonomi yang
dikemukakan oleh salah satu tokoh ekonomi aliran historis. |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
11 |
Pembangunan
ekonomi |
Peserta
didik dapat memperjelas tujuan dari pembangunan ekonomi nasional |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
12 |
Laju
pertumbuhan ekonomi |
Disajikan
data PNB dari tahun ketahun suatu negara. Peserta didik dapat menghitung
besarnya laju pertumbuhan ekonominya. |
LK
2 (Aplikasi) |
PG/ Sedang |
13 |
Pembagunan
ekonomi |
Peserta
didik dapat menjelaskan dampak negatif dari pembangunan ekonomi |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
14 |
Teori
pertumbuhan ekonomi |
Peserta
didik dapat menjelaskan salah satu teori pertumbuhan ekonomi yang
dikemukakan oleh salah satu tokoh ekonomi klasik. |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
15 |
Teori
pertumbuhan ekonomi |
Peserta
didik dapat menjelaskan tahapan pertumbuhan ekonomi menurut Werner Sombart |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
16 |
Pendapatan
nasional |
Peserta
didik dapat menjelaskan manfaat mempelajari pendapatan nasional |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
17 |
Pendapatan
nasional |
Peserta
didik dapat menentukan dan memilih mana saja kegiatan ekonomi yang tergolong
dalam penghitungan Gross National Product (GNP) Indonesia. |
LK
2 (Aplikasi) |
PG/ Sedang |
18 |
Laju
pertumbuhan ekonomi |
Disajikan
data GNP suatu negara. Peserta didik dapat menghitung besarnya laju pertumbuhan
ekonominya. |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
19 |
Pertumbuhan
ekonomi |
Peserta
didik dapat menjelaskan konsep pertumbuhan ekonomi yang disajikan. |
LK
1 (Pemahaman) |
PG/ Mudah |
20 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar